Jumat, 26 April 2013

Rehabilitation Stundent Center (RSC) sebagai Lembaga Terpadu Upaya Menangani Masalah Kenakalan Remaja di Sekolah



Rehabilitation Stundent Center (RSC) sebagai Lembaga Terpadu Upaya Menangani Masalah Kenakalan Remaja di Sekolah

Oleh : Rokhimah (Pendidikan Akuntansi)
Berdasarkan survey Lembaga Penelitian Statistika Pengembangan Sumber Daya Manusia kenakalan remaja sudah meluas di Indonesia.Hasil penelitian menunjukan 50 % kenakalan remaja di sekolah.Masa remaja merupakan masa sangat rentan terhadap pengaruh negativ karena pada masa ini remaja sangat labil (mudah terpengaru).Pengertian usia remaja adalah masa peralihan dari anak – anak menuju dewasa (Sujono : 2010).Ada beberapa ahli menyebutkan bahwa masa remaja adalah masa pubertas , masa labil dan masa untuk mencari jati diri.Ada aspek lingkungan merupakan salah satu yang menyebabkan terjadinya kenakalan remaja di Indonesia.
Aspek lingkungan meliputi aspek social , pergaulan, kebudayaan ,ekonomi dan keluarga.Berkembangnya pergaulan bebas dikalangan remaja merupakan salah satu mudah terjadinya kenakalan di kalangan remaja.Berkembangnya arus globalisasi mudahkan arus barat untuk masuk ke Indonesia.Remaja merupakan masa sangat rentan terhadap budaya westernisasi.Budaya westernisasi adalah budaya kebarat – baratan dimana budaya tersebut mengedepankan kebebasan.Dalam konteks ini kebebasan meliputi kebebasan berpakaian , kebebasan pergaulan , dan kebebasan untuk beretika.
Sekolah sebagai lembaga pendidikan tidak terlepas dari masalah kenakalan  remaja dimana hal tersebut sangat memberi citra buruk kepada dunia pendidikan.Berdasarkan hasil penelitian lembaga pengamat pendidikan kenakalan  remaja yang dilakukan di sekolah meliputi merokok , pacaran . tawuran , menyontek ,narkoba ,dan sek bebas.Berdasarkan latar belakang tersebut sekolah sebagai lembaga pendidikan serta pembentukan karakter mempunyai tanggungjawab profesional terhadap masalah tersebut.
Rehabilitasi mempunyai pengertian mengembalikan , memperhatikan dan menanamkan seseorang untuk menjadi lebih baik (Sarjono : 1999).Rehabilitation Stundent Center adalah pusat lembaga untuk merehabilitasi siswa ditingkat sekolah.Tujuan dari RSC :
1.      Menanggulangi kenakalan remaja di sekolah
2.      Mengupayakan penanggulangan secara preventif dan kuratif
3.      Sebagai upaya pendidikan karakter
4.      Memotivasi siswa untuk menjadi lebih baik
Rehabilitation Stundent center memiliki program rutin dan program rehabilitasi.Program rutin adalah program yang dilakukan secara rutin dengan tujuan menanamkan nilai positif terhadap siswa.Program Rehabilitasi adalah program untuk memperbaiki siswa yang melakukan kenakalan.
Program rutin meliputi :
o   Intensive Learnig
o   Bengkel kajian
o   Sex Education
o   Entrepereneur and Leadership Training
Program rehabilitasi meliputi :
o   Special reward bagi siswa menyontek
o   Controlling book
o   Pertemuan Empat Mata (Permata)
Kegiatan yang dilakukan Rehablitation Student Center (RSC) dilakukan dengan intensitas menurut kebijakan sekolah tersebut.Ada program mingguan ,bulanan , dan incidental sesuai dengan keperluan.
      Kesimpulan yang dari pembahasan diatas Rehablitation Student Center (RSC) adalah lembaga terpadu tingkat sekolah upaya menanggulangi kenakalan remaja di sekolah.
Daftar Pustaka
Sujono . 2010.Perkembangan manusia.Jakarta : PT.Tiga Serangkai
Sarjono.1999.Penelitian dan Pengembangan Psikologis Manusia.Semarang :         Semarang press

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar